Makalah Ilmu Sosial Dasar



DAMPAK SOSIAL TAWURAN ANTARA WILAYAH RT/RW DI JAKARTA









 



MOHAMMAD ALIMUDDIN NURYAHYA
NPM :54416486
KELAS :1IA23



Description: index.png



PROGRAM SARJANA TEKNIK INFORMATIKA
i

Mata kuliah   : Ilmu Sosial Dasar
Dosen             : Muhammad Burhan Amin

Topik makalah
Dampak Sosial Tawuran Antar Wilayah RT/RW di Jakarta

Kelas : 1-IA23
Tanggal Penyerahan Makalah : 10 Oktober 2016
Tanggal Upload Makalah : 11 Oktober 2016

 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n

N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
54416486
Mohammad Alimuddin Nuryahya


 

 

 

Program Sarjana Teknik Informatika

UNIVERSITAS GUNADARMA



ii

KATA PENGHANTAR

            Dengan mengucap puji syukur kepada Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunia nya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
            Penyusunan makalah ini sebagai salah satu tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar dari Bapak Muhammad Burhan Amin.
            Saya menyadari bahwa penyusunan jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan,untuk itu  kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca saya mengharapkan.





Bekasi, 10 Oktober 2016








iii


DAFTAR ISI

JUDUL................................................................................................................................ i
PERNYATAAN................................................................................................................. ii
KATA PENGHANTAR.................................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................................ iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang....................................................................................................... 1
1.2              Tujuan Penulisan.................................................................................................. 2
1.3              Sasaran.................................................................................................................... 2
BAB II PERMASALAHAN
2.1       Kekuatan............................................................................................................... 3
2.2       Kelemahan............................................................................................................ 3
2.3       Peluang................................................................................................................. 4
2.4       Ancaman/Hambatan.......................................................................................... 4
BAB III  KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1       KESIMPULAN..................................................................................................... 5
3.2       REKOMENDASI................................................................................................. 5
REFERENSI..................................................................................................................... 5






iv
BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan keanekaragamaan hayati. Sebagai bangsa yang besar dan memilik berbagai macam etnis, suku, ras, dan agama yang terbesar dari Sabang hingga Merauke.
Perbedaan seharusnya menjadikan warna tersendiri pada suatu daerah, namun pada kenyataannya perbedaan merupakan salah satu penyebab terjadinya konflik. Konflik yang sering terjadi di Indonesia adalah konflik tawuran yaitu salah satunya tawuran antar warga, tawuran antar warga ini sering menjadi bahan pembicaraan, perkara ini tidak dapat di anggap remeh. Tawuran warga ini kalau kita kaji akan berdampak panjang, bukan hanya bagi warga yang terlibat, namun juga untuk keluarga serta lingkungan masyarakat di sekitarnya.
Salah satu kota yang sering terjadi tawuran yaitu kota Jakarta. Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia. Namun, sebagai ibukota Jakarta masih memiliki banyak kekurangan. daerah ibukota banyak masih tergolong daerah yang tidak layak huni, bahkan Gubernur Jakarta bahkan menganggap terjadinya tawuran antar warga seperti yang terjadi di Taman  sebagai dampak adanya pemukiman kumuh.






1
1.2  Tujuan Penulisan
1.2.1 Untuk membutuhkan tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar Universitas Gunadarma.
1.2.2 Memahami dari dampak tawuran
1.2.2  Tidak ikut serta dalamnya

1.3   Sasaran
1.3.1   Mahasiswa
        Pelaku utama yang melakukan dalam permasalahan ini adalah Mahasiswa itu sendiri tanpa mengenal adanya pembatas nama dari sekolah itu sendiri.

1.3.2  Pemerintah
Pemerintah seharusnya memberikan ketegasan dalam masalah hukum kepada  masyarakat dan kelompok – kelompok tertentu yang melakukan tindakan tawuran . Memberikan hukuman yang sesuai dengan apa yang sudah mereka lakukan supaya mereka merasa jera dan tidak lagi ada perasaan yang  hebat  pada kelompok tertentu karena kita hidup bukan di sekelompok masyarakat melainkan kita hidup disebuah Negara sehingga kita dapat  menjalin persatuan dan kesatuan Negara ini.

1.3.3  Pihak kepolisian
Sebagai lembaga penegak hukum dinegara ini kepolisian harus selalu mengawasi masyarakat yang rawan koflik  tawuran .sehingga tidak ada lagi korban terlebih dahulu, baru polisi muncul dan bertugas menyelesaikan kasus tersebut.

1.3.4  Masyarakat
Sebagai warga Negara yang baik wajib  kita menjaga persaudaraan dengan baik .apabila ada tawuran antar warga sebaiknya langsung melapor kepada pihak yang berwajib.



2
BAB II PERMASALAHAN


Analisis permasalahan Dampak Sosial Tawuran Antar Wilayah RT/RW di Jakarta dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
1.   Kekuatan (Strength)
a.   Membela Teman
     Tawuran biasanya terjadi karena masalah dari satu orang yang dianggap penting dalam sebuah kelompok sehingga memicu untuk membalas dengan cara tawuran.
b.     Menjadi Pemberani
          Pelajar yang sering mengikuti mengkuti tawuran dianggap pemberani.
c.       Menguji Nyali
Tidak merasa laki-laki jika tidak ikut tawuran, prinsip itu lah yang ditanamkan dalam hati kaula muda, ia pun akan merasakan kebanggaan tersendiri jika ikut hadir dalam ikut tawuran, dan membuktikan dirinya bukan lah seorang yang pengecut.
d.     Selalu Di Segani
Jika sekolompok selalu memenangi tawuran sekelompok itu selalu di segani oleh kelompok yang di kalahkan nya, dan tidak ada yang berani melawan lagi dengan kelompok itu
2.   Kelemahan (Weakness)

a)      Banyaknya korban jiwa
b)     Kekerasan adalah cara efektif untuk menyelesaikan masalah
c)      Kurangnya keharmonisan keluarga
d)     Perkembangan mental yang tidak stabil



3

3.   Peluang (Opportunity)

a.      Pergaulan Bebas
Pergaulan yang terjadi dijaman sekarang sangat mendukung remaja untuk bergaul dengan bebas tanpa ikut serta peranan siapapun, akibat dari kumpul bersama teman-temannya dan melakukan perbuatan yang anarkis karena percaya diri dengan dibantu oleh temannya.
b.     Kurangnya mendapatkan bimbinngan
Bimbingan yang di maksud adalah keikut sertaan lingkungan sekitar maupun lingkungan keluarga yang merupakan faktor penting dalam perkembangan psikologi remaja.
c.       Rasa dipandang oleh kelompok lain
Rasa ingin menjadi yang terkuat menjadikan kelompok yang tidak di pandang sebelah mata, mencari wilayah kekuasaan  ditakuti oleh semua kelompok itu adalah tujuan generasi penerus bangsa sekarang ini.
d.     Luput dari perhatian keluarga
Faktor keluarga adalah faktor terpenting, yang dimiliki oleh para remaja untuk menuntun ke jalan atau mengarahkan kepada hal yang positif, kurangnya kasih sayang dan perhatian dari keluarga membuat remaja tidak bisa mengontrol dirinya sendiri.
4.      Tantangan/Hambatan (Threats)

a)      Kurangnya sosialisasi dari sekolah
          Bagaimana tawuran antar pelajar dapat terlacak dengan baik, jika dari sekolah tidak ada sosialisasi tentang bahaya tawuran dan akibat yang di timbulkan dari tawuran tersebut akan merugikan banyak orang, dirinya, keluarganya, dan orang lain.
b)    Dikeluarkan paksa oleh pihak sekolah
c)      Senjata tajam yang dipergunakan dapat mengakibatkan luka-luka bahkan korban meninggal.
d)   Dipidana oleh aparat berwajib.
4
BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

3.1 KESIMPULAN
            Tawuran merupakan hal yang bedampak panjang bagi para pelajar untuk mengatasi atau mencegah terjadinya tawuran adalah memahami dan mengetahui penyebab-penyebab terjadinya. Tawuran yang terjadi banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut terjadi, faktor tersebut baik berupa internal dan eksternal. Faktor internal yang terjadi diusia remaja adalah kurang nya mengotrol emosi sedangkan faktor eksternal baik dari keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan sekitar yaitu kurang nya mensosialisasikan atau pendekatan secara langsung tentang aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku. mensosialisasikan hal-hal apa saja yang berdmapak buruk kepada para pelajar.

3.2 REKOMENDASI
Keberadaan atau eksistensi dirinya maupun nama wilayah akan diakui kehebatannya dapat dilakukan tanpa harus melakukan tawuran, bisa saja dikembangkan dalam suatu kompetisi yang lebih positif dan sportifNyawa hanya diberikan tuhan sekali,gunakan itu untuk yang lebih berguna untuk kehidupan.Mereka menganggap kesendirian adalah suatu kelemahan, sehingga bergabung menjadi satu dalam suatu geng atau kelompok akan menjadi kuat dalam melakukan kegiatan yang positif.Orang tua sebagai sosok yang paling dekat dapat memberikan arahan yang diperlukan sehingga komunikasi berjalan baik antara anak dengan orang tua.




Referensi :

Sander Diki Zulkarnaen, M. Psi
Penganduan KPAI 2011


5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesenian Tari Jaipong

Analisis SWOT Demo Masyarakat Menyampaikan Aspirasi

Desain Pemodelan Grafik