Contoh Kasus Masalahdari Penerapan Cloud Computing pada Perusahaan


Contohkasus : Amazon Web Service (AWS) Amerika Memanfaatkan Cloud Computing
Amazon Web Services adalahsekumpulanlayanan-layananberbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejaktahun 2002. Meskipun salah satuperusahaanraksasa internet iniseringkitakenaluntukmembelibuku dan lagu, tetapisekarang Amazon telahmenambahlayanannyadalamhalinfrastrutktur cloud computing. Amazon Web Services inimenyediakanlayanan-layanannya yang salingterintegrasi dan mudahkustomisasi. Pada tahun 2006, amazon mengenalkan Amazon’s Elastic Compute cloud (EC2) sebagai commercial web service yang menyediakanakses cloud kepadaperusahaan dan individuuntukmenyewakomputer storage yang bisadigunakansebagai platform pengembanganaplikasisecara online, inilahawaldari IaaS, yaituperusahaan yang menyediakaninfrastruktursebagaisebuahlayanan.
Fungsionalitasterbanyak
AWS secarasignifikanmemilikilebihbanyaklayanan, dan lebihbanyakfiturdalamlayanannya, dibandingkanpenyedia cloud lainnya–mulaidariteknologiinfrastruktursepertipenghitungan, penyimpanan, dan database–hinggateknologi yang berkembang, sepertipembelajaranmesin dan kecerdasanbuatan, data lake dan analitik, dan Internet of Things. Inimembuatlebihcepat, lebihmudah, dan lebihhematbiayauntukmemindahkanaplikasi Anda yang sudahadake cloud dan membangunhampirsemua yang dapat Anda bayangkan.
AWS juga memilikifungsionalitasterdalamdalamsemualayananannya. Misalnya, AWS menawarkanragam database paling luas yang dibangununtuktujuanberagamjenisaplikasisehingga Anda dapatmemilihalat yang tepatuntukpekerjaantersebutuntukmendapatkanbiaya dan kinerjaterbaik.
Komunitaspelanggan dan mitraterbesar
AWS memilikiekosistemterbesar dan paling dinamis, denganjutaanpelangganaktif dan puluhanribumitra di seluruh dunia. Pelanggan di hampirsetiapindustri dan dariberbagaiskala, termasukperusahaan startup, perusahaan, dan organisasisektorpublik, menjalankanhampirsetiapkasuspenggunaan di AWS. AWS Partner Network (APN) mencakupribuan integrator sistem yang mengkhususkandiri pada layanan AWS dan puluhanribu independent software vendor (ISV) yang menyesuaikanteknologinya agar berfungsi di AWS.




Paling aman
AWS dirancangmenjadi salah satulingkungankomputasi cloud yang paling fleksibel dan aman yang tersediasaatini. Infrastruktur inti kami dibangununtukmemenuhipersyaratankeamananuntukmiliter, bank global, dan organisasidengantingkatsensitivitastinggilainnya. Inididukungdenganserangkaianalatkeamanan cloud mendalam, dengan 230 layanan dan fiturkeamanan, kepatuhan, dan tata kelola. AWS mendukung 90 standarkeamanan dan sertifikasikepatuhan, sertasemua 117 layanan AWS yang menyimpan data pelangganmenawarkankemampuanuntukmengenkripsi data tersebut.

inovasitercepat
Dengan AWS, Anda bisamemanfaatkanteknologiterbaruuntukeksperimen dan berinovasidenganlebihcepat. Kami secaraterus-menerusmempercepatlangkahinovasiuntukmenciptakanteknologibarusecarakeseluruhan yang dapat Anda gunakanuntukmentransformasikanbisnis Anda. Misalnya, di tahun 2014, AWS memeloporiruangkomputasitanpa server denganpeluncuran AWS Lambda, yang memungkinkanpengembangmenjalankankodemerekatanpamembekalidenganataumengelola server. Selainitu, AWS membangun Amazon SageMaker, layananpembelajaranmesinterkelola yang setiapharimemberdayakanpengembang dan ilmuwanuntukmenggunakan machine learning–tanpaadapengalamansebelumnya.

Keahlianoperasional yang paling terbukti
AWS memilikipengalaman, kedewasaan, keandalan, keamanan, dan kinerjataktertandingi yang dapat Anda andalkanuntukaplikasiterpenting Anda. Selamalebihdari 13 tahun, AWS telahmemberikanlayanan cloud kejutaanpelanggan di seluruh dunia yang menjalankanragamluaskasuspenggunaan. AWS memilikipengalamanoperasional paling banyak, denganskalalebihbesar, dibandingpenyedia cloud mana pun.

AlasanPentingnyaInfrastruktur Cloud
Infrastruktur AWS Global Cloud adalah platform cloud paling aman, luas, dan andal, yang menawarkan 175 layananunggulanpenuhdaripusat data secara global. Baik Anda harusmenerapkanbebankerjaaplikasikeseluruh dunia dengansatuklik, atau Anda inginmembangun dan menerapkanaplikasikhusus yang lebihdekatdenganpenggunaakhir Anda denganlatensimilidetiksatu digit, AWS memberi Anda infrastruktur cloud di mana dan saat Anda memerlukannya.
AWS memilikiekosistemterbesar dan paling dinamis, denganjutaanpelangganaktif dan puluhanribumitra di seluruh dunia. Pelanggan di hampirsetiapindustri dan dariberbagaiskala, termasukperusahaan start-up, perusahaan, dan organisasisektorpublik, menjalankanhampirsetiapkasuspenggunaan di AWS.
Keuntungan
Keamanan
Keamanan di AWS dimulaidenganinfrastruktur inti kami. Dibuatkhususuntuk cloud dan dirancanguntukmemenuhipersyaratankeamanan yang lebihketat di seluruh dunia, infrastruktur kami dipantau 24/7 untukmembantumemastikankerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data pelanggan kami. Semua data yang mengalir di jaringan global AWS yang salingterhubungdenganpusat data dan wilayah kami secaraotomatisdienkripsi pada lapisanfisiksebelum data meninggalkanfasilitasaman kami. Dengan AWS, Anda dapatmembanguninfrastruktur global paling aman, sehinggayakinbahwa Anda selalumemiliki data Anda, termasukkemampuanmengenkripsi, memindahkan, dan mengelolapenyimpanannya.
Ketersediaan
AWS memberikanketersediaanjaringantertinggidibandingkanpenyedia cloud manapun, dengan 7x lebihsedikit jam waktuhentidibandingkanpenyedia cloud terbesarberikutnya.*Tiap wilayah diisolasisepenuhnya dan terdiridaribeberapa AZ’s, yang merupakanpartisiinfratruktur kami yang sepenuhnyadiisolasi. Untukmengisolasipersoalandenganlebihbaik dan mendapatkanketersediaantinggi, Anda dapatmempartisiaplikasi di banyakAS’z di wilayah yang sama. Availability Zone dirancanguntukredundansifisik dan menyediakanketahanan, yang memungkinkankinerjatanpagangguan, bahkan pada saatlistrikpadam, Internet mati, banjir, dan bencanaalamlainnya.
Kinerja
Infrastruktur Global AWS dibangununtukkinerja. Wilayah AWS menawarkanlatensirendah, kehilanganpaketrendah, dan kualitasjaringankeseluruhan yang tinggi. Hal inidicapaidengan backbone jaringanserat 100 GbE yang sepenuhnyamelimpah, yang seringmenyediakanbanyak terabit kapasitasantar Wilayah. Zona Lokal AWS dan AWS Wavelength, denganpenyediatelekomunikasi kami, memberikankinerjauntukaplikasi yang memerlukanlatensimilidetiksatu digit denganmemberikaninfrastruktur dan layanan AWS yang lebihdekatkepenggunaakhir dan perangkatterkoneksi 5G. Dengan cloud, sumberdaya yang dibutuhkandapatdiolahdengancepat, menerapkanratusanbahkanribuan server dalamhitunganmenit.






Footprint Global
AWS memiliki footprint infrastruktur global terbesardibandingkanpenyedia mana pun, dan footprint inisecarakonstanmeningkatdengannilai yang signifikan. Saatmenerapkanaplikasi dan bebankerja Anda ke cloud, Anda memilikifleksibilitasdalammemilihinfrastrukturteknologi yang paling dekatdengan target utamapengguna. Anda dapatmenjalankanbebankerja Anda pada cloud yang memberikandukunganterbaikuntukrangkaianterbesaraplikasi, bahkanaplikasidenganpersyaratan throughput tertinggi dan latensiterendah. Selainitu, jika data Anda berada di luar planet ini, Anda dapatmenggunakan AWS Ground Station, yang menyediakanantenasatelit di dekat Wilayah infrastruktur AWS.

Skalabilitas
Infrastuktur Global AWS memungkinkanperusahaanmenjaditeramatfleksibel dan menerimamanfaatskalabilitas cloud yang takterbatassecarakonseptual. Pelanggandulunyamenyediakanpersediaanberlebihuntukmemastikanbahwamerekamemilikikapasitascukupuntukmenananganipengoperasianbisnis pada level puncakaktivitas. Sekarang, merekadapatmenyediakansejumlahsumberdaya yang benar-benarmerekabutuhkan, denganmengetahuibahwamerekadapatmenaikkan dan menurunkanskalaseketikabersamaandengankebutuhanbisnismereka, yang juga mengurangibiaya dan meningkatkankemampuanpelanggandalammemenuhipermintaanpengguna. Perusahaan dapatmenyediakansumberdaya yang dibutuhkandengancepat, yang menerapkanratusanbahkanribuan server dalambeberapamenit.
Fleksibilitas
Infrastruktur Global AWS memberi Anda fleksibilitasdalammemilihcara dan tempat Anda inginmenjalankanbebankerja, dan saatmelakukannya Anda menggunakanjaringan, bidangkendali, API, dan layanan AWS yang sama. Jika Anda inginmenjalankanaplikasi Anda secara global Anda dapatmemilihdari Wilayah AWS dan AZ’s mana pun. Jika Anda harusmenjalankanaplikasidenganlatensimilidetiksatu digit keperangkatseluler dan penggunaakhir Anda dapatmemilih Zona Lokal AWS atau AWS Wavelength. Ataujika Anda inginmenjalankanaplikasi Anda secaralokal Anda dapatmemilih AWS Outposts.







DAFTAR PUSTAKA
[1] https://aws.amazon.com/id/what-is-aws/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesenian Tari Jaipong

Analisis SWOT Demo Masyarakat Menyampaikan Aspirasi

Desain Pemodelan Grafik